20 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Medis Ampuh

Cara Menghilangkan Bekas Luka – Memang sangat tak menyenangkan apabila terdapat bekas luka, apalagi apabila di wajah. Sangat dibutuhkan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang sempurna dan efektif semoga hal tak menyenangkan tersebut sanggup teratasi.

Luka yang terbentuk di permukaan kulit ada kaya sekali jenisnya, semua itu tergantung dari penyebab munculnya luka tersebut. Misalnya saja luka bakar, luka terkena air panas, luka alasannya yakni gatal-gatal, teradmint benda tajam, kecelakaan, infeksi, peradangan, dan bahkan luka sesudah operasi.

Terkadang sedikit jenis luka mengakibatkan munculnya jaringan parut. Namun kau tak perlu cemas, alasannya yakni jaringan parut tersebut muncul alasannya yakni merupakan proses alami penyembuhan luka yang dilakukan oleh tubuh.

Meskipun bergotong-royong bekas luka sanggup hilang dengan sendirinya, namun sedikit orang mengaku terganggu jawaban keberadaan bekas luka tersebut, khususnya bagi kau yang terdapat bekas luka di wajah.

Tak usah cemas, berikut admin share sedikit cara menghilangkan bekas luka yang sanggup membuat kulitmu mulus kembali ibarat dahulu, bahkan sanggup lebih baik.

 Memang sangat tak menyenangkan apabila terdapat bekas luka 20 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Medis Ampuh

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka Lama Dengan Mudah

Sebenarnya ada dua metode yang akan admin bagikan kali ini, yaitu medis dan alami. Namun sebelum kau mencoba cara medis, sebaiknya terapkan perawatan bekas luka secara alami dahulu, khususnya untuk luka yang belum terlalu parah. Beberapa materi alami yang sanggup kau coba antara lain.

1. Lidah buaya

Dulu pernah admin share mengatasi rambut rontok dengan pengecap buaya. Ternyata selain bermanfaat untuk merawat rambut, pengecap buaya juga sanggup kau jadikan sebagai penghilang bekas luka secara alami.

Beberapa penelitian menunjukan gel tanaman herbal ini diperkaya dengan kandungan lignin dan asam amino. Kedua senyawa tersebut sanggup membantu melembabkan kulit, mencegah peradangan, dan mempercepat regenerasi sel.

Cara menghilangkan bekas luka dengan pengecap buaya:
  • Siapkan tanaman pengecap buaya yang masih segar, kemudian ambil gel di dalamnya.
  • Setiap tamat mandi oleskan gel pengecap buaya ke seluruh serpihan bekas luka.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam hingga meresap, sesudah itu bilas air dingin.
Note: jangan hingga kulitmu terkena getah pengecap buaya. Karena getah tanaman ini sanggup memicu munculnya iritasi dan gatal-gatal.

2. Madu

Khasiat madu untuk kulit memang sudah tak diragukan lagi. Kandungan nutrisi yang cukup kompleks membuat madu cukup digemari di masyarakat. Tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan saja, namun juga efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Penasaran kan?

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan madu:
  • Sediakan madu alami secukupnya saja.
  • Bersihkan area luka, kemudian oleskan madu gres saja secara merata.
  • Diamkan hingga benar-benar meresap dan kering.
  • Bilas dengan menggunakan air hambar hingga bersih.
Note: semoga risikonya maksimal kau sanggup mengombinasikan antara madu dan pengecap buaya.

3. Minyak zaitun

Jika dirumah nggak ada madu, kau sanggup mencoba menggunakan minyak zaitun. Olive oil atau minyak zaitun terdapat kaya sekali manfaat bagi kulit, termasuk salah satunya sanggup menghilangkan bekas luka lama.

Bahkan apabila digunakan rutin minyak zaitun berguna menjaga kulit tetap abadi muda (baca sekompleksnya: manfaat minyak zaitun untuk kulit).

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun:
  • Siapkan minyak zaitun secukupnya, kau sanggup membelinya di supermarket terdekat.
  • Setiap tamat mandi oleskan minyak zaitun secara merata ke serpihan bekas luka. Lalu diamkan sejenak selama 1 – 2 jam semoga meresap.
  • Jika sudah benar-benar meresap bilas dengan air hambar hingga bersih.
Note: kalau perlu, kombinasikan juga minyak zaitun dengan pengecap buaya atau madu semoga risikonya lebih maksimal.

4. Jeruk nipis/lemon

Lemon dan nipis bergotong-royong masih satu keluarga dengan buah jeruk, namun alasannya yakni rasanya sangat masam tak kaya orang yang suka. Meski demikian, dua buah jeruk ini cukup efektif untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka dengan lemon/nipis:
  • Ambilan lemon atau jeruk nipis satu buah, sebaiknya pilih salah satu aja.
  • Belah menjadi dua serpihan dan tambahkan gula, kemudian gosokan belahan ke area bekas luka secara melingkar.
  • Lakukan terus hingga belahan buah gres saja kering. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga kemudian bersih.
5. Daun pare

Mendengar nama ‘pare’ niscaya sudah kebayangkan bagaimana pahitnya? Yup, pare merupakan salah satu tanaman yang terdapat rasa cukup pahit. Namun meskipun pahit, daun pare terbukti efektif lho dalam memudarkan bekas luka. Gimana berani coba nggak?

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun pare:
  • Sediakan sedikit lembar daun pare yang masih segar.
  • Cuci hingga kemudian higienis selanjutnya haluskan.
  • Peras halusan daun pare gres saja, kemudian campur air perasannya dengan tepung beras hingga kemudian membentuk pasta.
  • Oleskan secara merata ke serpihan bekas luka selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hambar hingga bersih.
Note: sebaiknya materi ini jangan digunakan untuk bekas luka di wajah, alasannya yakni berisiko menimbulkan iritasi.

6. Daun mint

Daun mint merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap digunakan untuk membuat bermacam macam produk ibarat pasta gigi, obat kumur, dan juga minyak angin.

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata daun mint terdapat kandungan mineral alami yang efektif untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Gunakan daun mint secara rutin untuk memudarkan bekas luka membandel.

Cara menghilangkan bekas luka dengan daun mint:
  • Siapkan sedikit lembar daun mint yang masih segar.
  • Kemudian tumbuk daun tersebut namun jangan terlalu halus.
  • Gosokan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar ke serpihan permukaan bekas luka.
  • Lakukan terus selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Note: sama dengan daun pare, sebaiknya hindari penggunaan daun mint untuk mengatasi bekas luka yang ada di wajah.

7. Mentimun

Ini ia materi yang cocok untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Sebenarnya dahulu admin pernah mengulas cara membuat masker mentimun untuk perawatan wajah, dimana salah satu khasiatnya merupakan memudarkan bekas luka. Bahkan apabila digunakan secara rutin mentimun cukup berguna dalam mengontrol minyak berlebih di wajah. Langsung aja dicoba deh!

Cara menghilangkan bekas luka dengan mentimun:
  • Pilihlah mentimun yang masih benar-benar segar, kemudian basuh hingga bersih.
  • Blender mentimun gres saja hingga kemudian halus berserta kulit-kulitnya.
  • Setelah tamat mandi oleskan ke serpihan bekas luka secara merata.
  • Diamkan hingga masker mentimun benar-benar kering.
  • Akhiri dengan membilas menggunakan air hambar hingga bersih.
8. Teh hijau

Teh hijau cukup terkenal dengan kandungan antioksidan tingginya yang kerap disebut Epigallocatechin Gallate (EGCG). Beberapa penelitian menunjukan kandungan antioksidan ini 200 kali lipat lebih baik dari vitamin E dalam mencegah peradangan, menghilangkan bekas luka, dan merawat kulit.

Biasanya teh hijau kaya diseduh kemudian diminum setiap hari secara rutin. Namun untuk mengatasi bekas luka, kau sanggup menggunakan teh hijau sebagai toner. Caranya celupkan kapas/handuk ke seduhan teh hijau, kemudian usapkan ke serpihan bekas luka secara merata. Lakukan rutin sesudah tamat mandi.

9. Buah mengkudu

Yang terdapat kandungan antioksidan tinggi tak hanya teh hijau saja, mengkudu pun juga demikian. Khasiat mengkudu untuk kulit sangat luar biasa, selain mencegah jerawat ia juga bisa memudarkan bekas luka dengan cepat.

Kamu sanggup menghilangkan bekas luka di wajah, kaki, tangan, ataupun serpihan badan lainnya dengan buah satu ini. Caranya haluskan mengkudu matang, kemudian oleskan ke serpihan bekas luka secara merata.

10. Minyak biji pangkal bunga mawar

Minyak biji pangkal bunga mawar itu apa ya? Beberapa orang cukup masih bingung. Sesuai namanya, minyak ini berasal dari biji pangkal bunga mawar yang diperkaya dengan kandungan senyawa berkhasiat, termasuk salah satunya bisa mengatasi bekas luka menahun.

Kamu sanggup membeli minyak ini di supermarket terdekat atau apotik. Setelah itu oleskan minyak tersebut ke area bekas luka. Jangan lupa pijat atau urut lembut supaya meresap maksimal. Setelah 1-2 jam bilas dengan menggunakan air dingin.


Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bantuan Medis (Non-alami)
 Memang sangat tak menyenangkan apabila terdapat bekas luka 20 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami dan Medis Ampuh
Teknologi laser
Tidak semua jenis bekas luka sanggup hilang hanya dengan materi alami, apalagi apabila ukurannya besar dan menyebar. Nah inilah saatnya kau mencoba perawatan secara medis. Beberapa perawatan medis yang sanggup kau coba antara lain sebagai berikut.

1. Suntik kolagen

Mungkin kau sudah kerap mendengar suntik kolagen. Selain bermanfaat mengencangkan kulit dan menciptakannya abadi muda, suntik kolagen juga sanggup memudarkan bekas luka di wajah.

Cara ini sanggup dilakukan untuk mengatasi bekas luka yang menimbul, contohnya ibarat keloid atau jaringan hipertropik. Prosedur ini biasanya bersifat sementara, sesampai kemudian diharapkan berulang kali untuk mempertahankan efeknya.

2. Suntik kortikosteroid

Mengatasi bekas luka jawaban keloid atau hipertropi juga sanggup dilakukan dengan suntik kortikosteroid. Beberapa suntikan kecil akan diberikan pada luka untuk meratakan bekas luka dan mencegah peradangan.

Meskipun cara ini tak bisa menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, namun kecukupan sanggup memperbaiki penampilanmu secara signifikan.

3. Bedah plastik

Jika bekas luka muncul di wajah jawaban keloid, maka operasi bedah biasanya akan dikombinasikan dengan suntik kartikosteroid. Sedangkan untuk bekas luka hipertrofik, tak akan dikombinasi dengan mekanisme lain.

Hanya saja, sadarilah bahwa memang bedah plastik cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka lama, namun efeknya nanti akan menimbulkan terbentuknya bekas luka gres jawaban pembedahan.

4. Memakai teknologi laser

Teknologi laser ketika ini cukup terkenal untuk memudarkan bekas luka. Prosedur medis ini bisa menghilangkan bekas luka di wajah atau daerah mana pun secara signifikan. Cuman, untuk luka hilang secara total semua itu tergantung pada tingkat keparahan bekas luka yang muncul.

5. Radioterapi

Untuk mengurangi kambuhnya bekas luka keloid dan hipertrofi bekas operasi, radioterapi dalam takaran kecil cukup akan sangat membantu. Hanya saja, radioterapi ini dikhususkan untuk kasus-kasus yang serius, mengingat imbas jangka panjangnya yang tak baik bagi kesehatan.

6. Teknik skin needling

Teknik medis ini dilakukan dengan menggunakan sebuah alat yang terdapat ratusan jarum kecil. Meskipun terlihat menyeramkan, namun skin needling di Amerika Serikat cukup terkenal untuk memudarkan bekas luka. Agar risikonya maksimal diharapkan pengulangan secara berkala.

7. Membalut luka

Cara medis selanjutnya dengan membalut luka menggunakan materi elastis. Tujuan dari mekanisme ini merupakan untuk meratakan dan melembutkan bekas luka.

Biasanya, mekanisme ini hanya dilakukan untuk menghilangkan bekas luka bakar yang cukup besar atau sesudah seseorang menjalani cangkok kulit.

Kelemahan metode ini merupakan memakan waktu lama, yakni sekitar setengah hingga satu tahun dan balutan tak boleh dilepas.

8. Menerapkan plester gel silikon

Bekas luka jawaban keloid ataupun hipertropik, juga sanggup dibantu dengan menerapkan plester gel silikon. Metode ini dilakukan untuk mengurangi imbas kemerahan dan memperkecil ukuran bekas luka.

Caranya merupakan dengan menempelkan silikon tersebut sempurna diatas bekas luka selama 12 jam setiap harinya. Biasanya mekanisme ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan untuk mendapat hasil terbaik.

9. Menyamarkan dengan kosmetik

Cara lain menghilangkan bekas luka di wajah merupakan dengan tata rias. Teknik penggunaan kosmetik untuk kepentingan satu ini cukup beragam, salah satunya bersifat tahan air, sesampai kemudian sanggup bertahan selama 2-3 hari.

Kamu sanggup memperoleh kosmetik epilog bekas luka ini di apotek terdekat. Namun meski gampang diperoleh di apotek, kau tetap harus berkonsultasi dahulu ke dokter apabila ingin menggunakannya.

10. Menggunakan krim atau gel

Untuk menghilangkan bekas luka jawaban gesekan benda tajam, krim atau gel merupakan pilihan yang tepat. Biasanya salep penghilang bekas luka yang dijual bebas mempunyai kandungan adonan steroid, vitamin E, dan silikon.

Selain kandungan steroid, dokter juga akan meresepkan krim penghilang bekas luka dengan kandungan antihistamin pada bekas luka yang mengakibatkan imbas gatal-gatal.
Namun apabila bekas luka yang kau alami jawaban jerawat, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter sebelum menggunakan krim penghilang bekas luka tersebut semoga tak mengakibatkan komplikasi.

Note: lakukan cara-cara medis diatas hanya dengan pertolongan andal medis yang sudah bersertifikat. Sebab apabila sembarangan, takutnya imbas buruknya akan menimpa diri sendiri.

Itulah sedikit cara menghilangkan bekas luka secara alami dan medis. Sebelum mencoba medis sebaiknya gunakan cara alami dahulu minimal dua bulan secara rutin dua kali sehari. Apabila tak ada perkembangan yang signifikan, kau sanggup eksklusif mencoba salah satu cara medis diatas.

***

Apakah artikel diatas bermanfaat? mohon dishare ya!

                  Baca juga: cara menghilangkan flek bekas jerawat                                                                                     

1 Response to "20 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Medis Ampuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel